Berita Terkini

PT KAI AKAN REVITALISASI STASIUN CEPU


PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (DAOP) 4 Semarang akan melakukan revitalisasi dan pengembangan Stasiun Cepu. Hal itu disampaikan langsung oleh Executive Vice President (EVP) PT.KAI DAOP 4 Semarang Wiwik Widayanti kepada Bupati Djoko Nugroho dalam audiensi dengan Pemkab Blora, Selasa (6/3/2018).

Di hadapan Bupati dan jajaran Pemkab Blora, Wiwik Widayanti menjelaskan rencana pengembangan kawasan Stasiun Cepu yang akan dilakukan PT.KAI itu.

Menurutnya Stasiun Cepu akan diperluas dan ditambah dengan beberapa aspek penunjang diantaranya pelebaran area parkir, perluasan area ekspedisi, serta pembuatan taman di depan stasiun.

“Dengan adanya pengembangan ini nantinya kami harap dapat memberikan wajah baru bagi Stasiun Cepu serta dapat menarik lebih banyak penumpang. Kami harap dengan sinergi kerjasama yang baik antara pihak Pemerintah Kabupaten Blora dan pihak PT KAI DAOP 4 Semarang ini, pembangunan di wilayah Blora bisa meningkat melalui peningkatan mobilisasi masyarakatnya dengan transportasi kereta api,” ujarnya.

Selain menyampaikan rencana pengambangan stasiun, jajaran EVP PT KAI DAOP 4 Semarang ini, juga menyampaikan adanya masalah mengenai penanganan aset - aset PT KAI di lintas non operasi Kabupaten Blora.

Manajer Bangunan Agus Aryanto mengatakan bahwa saat ini masih ada penyewa aset PT KAI yang bermasalah. Oleh karena itu ia berharap Pemkab Blora dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut.

“Di Blora penyewa aset PT KAI aman, tetapi yang di Cepu hampir 85% tidak lengkap perijinannya dan kebanyakan tidak bayar Pajak, nanti apabila ada penertiban kami mohon kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blora,” ujar Agus Aryanto.

Bupati Djoko Nugroho menanggapi bahwa Pemkab Blora siap membantu sepenuhnya agar Stasiun Cepu dapat segera diperluas untuk menampung lebih banyak penumpang. Bupati Blora juga menyampaikan keinginan Pemerintah Kabupaten Blora untuk melakukan pengecetan Stasiun Blora yang sudah lama tidak beroperasi.

“Kami siap mendukung penuh pengembangan Stasiun Cepu, apa saja yang memerlukan dukungan dari Pemkab Blora, kami siap membantu sepenuhnya. Bu Wiwik, kami ijin untuk mengecat ulang Stasiun Blora supaya makin cantik. Stasiun Blora sekarang itu ramai, kalau dipercantik dengan cat ulang, diperbaiki kan dapat menjadi daya tarik wisata baru,” jelas Bupati Blora.

Bupati ingin bangunan Stasiun Blora dipertahankan dan difungsikan untuk lokasi kuliner dan pengembangan UMKM.
Dalam audiensi ini, Sekda Blora, Drs.Bondan Sukarno MM mengusulkan agar disediakan lahan parkir menginap bagi penumpang yang membawa kendaraan. Hal ini ditujukan untuk memudahkan transportasi bagi penumpang. Perlu diketahui bahwa saat ini alat transportasi yang mendukung Cepu masihlah minim dengan trayek dan jam operasi yang terbatas.

“Masyarakat Blora kalau mau ke Jakarta susah, apalagi kalau harus naik pesawat, harus menunggu, kalau mau ke stasiun ya harus pakai supir, angkutan susah, kalau ada parkir menginap sangat membantu sekali, dan pasti sangat bermanfaat bagi penumpang yang dari Tuban maupun Rembang dan daerah lain,” jelasnya.

Menyimak usulan Sekdan, Bupati Blora membenarkan keadaan transportasi yang ada di Kabupaten Blora saat ini masih minim.

“Penumpang kereta api itu kebanyakan warga Cepu dan sekitarnya, kalau masyarakat Blora relatif sering naik bus. Bahkan dirasa transportasi antara Cepu-Blora masih sedikit dan terkadang rantai transportasinya terputus di jam-jam tertentu karena angkutan umum sudah tidak beroperasi,” tambah Bupati.

Wiwik Widayanti menangapi nantinya akan dilakukan kerjasama dengan Damri ataupun Penyedia Angkutan Penumpang Daerah untuk membantu calon penumpang untuk menjangkau Stasiun Cepu. Hal ini juga ditujukan untuk mengintegrasikan transportasi di wilayah Blora serta di daerah sekitar.

“Nanti kita bisa kerjasama dengan Damri ataupun Penyedia Angkutan Penumpang. Contohnya sekarang sudah ada armada angkutan dari Stasiun Semarang Tawang ke Pati. Nanti kalau di Blora ada, bisa menjangkau penumpang yang di Tuban maupun Rembang, juga dapat mengoneksikan daerah-daerah yang tidak dilalui jalur kereta api. Sehingga nanti Stasiun Cepu bisa jadi semakin ramai,” terang Wiwik.

Hadir dalam audiensi tersebut Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Blora Slamet Pamudji, SH, M.Hum, Kepala DPUPR Kabupaten Blora Ir Sam Gautama Karnajaya MT, Kepala Dinrumkimhub Ir Samsul Arief, Kepala Bidang Pasar Disperindagkop Jasmadi, Deputy EVP DAOP 4 Tamsil Nurhamedi bersama SM Pengamanan Kolonel Marinir Sudirmanto, SM Penjagaan Aset Mario Edward, Manajer Pengusahaan Non Angkutan Agung, Manajer Angkutan Penumpang Riyanta, Manajer Bangunan Agus Aryanto, dan Manajer Humas DAOP 4 Suprapto serta Kepala Stasiun Cepu Deni. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...