Seputar Blora

Pemdes Karangjong Giatkan Pemuda Kelola Bank Sampah


Pemerintah Desa Karangjong Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora giatkan pemuda pungut sampah warga untuk dikelola dan bernilai ekonomi.

Inisiatif yang berjalan lebih kurang tujuh bulan itu bertujuan mewujudkan wilayah desa yang bersih, indah dan rapi serta memotivasi pemberdayaan pemuda peduli sampah.

"Peran pemuda berperan sebagai motor pengerak bank sampah. Meraka mengambil sampah dari rumah warga. Kemudian sampah dikelola, dipilahkan seperti kerdus, plastik atau bungkus minuman untuk dimanfaatkan dan bernilai ekonomis atau dibuat kerajinan," kata Kepala Desa Karangjong Suwiknyo, di Ngawen, Minggu, (4/4/2018).

Dikatakan lebih lanjut, pemuda dan karang taruna yang aktif beada di wilayah dusun Karangjong, sedangkan dua dusun Pelem dan Pule masih dikoordinasikan dan didorong untuk melakukan kegiatan yang sama.

"Bank sampah yang kami giatkan berrtujuan agar para pemuda peduli sampah. Untuk pembinaan kami hadirkan Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna(TTG) Kemendes agar memberi arahan kepada para pemuda," jelasnya.

Dalam pembinaan di ruang pertemuan kantor desa Karangjong, Hastati TA-TTG antara lain mengemukakan, pemilahan dan jadwal pengambilan sampah perlu direncanakan lebih matang.

"Penentuan jenis sampah perlu dilakukan. Termasuk harga jual sampah yang diambil dari warga. Kalau adik-adik kompak dan bisa kerja sama akan menjadi enak. Sebab, adik-adik menjadi ujung tombak penggerak bank sampah," ucapnya.

Yang terpenting, kata dia, adalah aksi yang nyata dengan fasilitas yang ada terlebih dulu.

"Kalau untuk pemasaran, bisa dimanfaatkan melalui online," ucapnya.

Koordinator bank sampah desa Karangjong, Rudianto mengatakan, pembinaan dan motivasi dari pemerintah desa, peran Babinsa Koramil Ngawen dan Bhabinkamtibmas Polsek Ngawen serta pihak terkait sangat mendorong program tersebut.

"Kami bertekad, setiap hari Minggu untuk bergerak melakukan aksi bank sampah. Sampah kita masukkan karung atau diangkut dengan gerobak dorong," katanya.

Ditempat yang sama Ketua TP PKK Warsiti berharap agar para warga mendukung terwujudnya bank sampah.

"Saya berharap warga bisa mengumpulkan sampah dengan menyiapkan sampah yang akan diambil," kata dia. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Dzikir dan Haul Akbar Berlangsung Khidmat
    09 Desember 2018 Jam 08:13:00

    Ribuan umat muslim berbagai daerah dari dalam dan luar Kabupaten Blora mengikuti Majlis Dzikir...

    Pertunjukan Wayang Kulit dan Pengajian digelar Pepadi Pusat di Blok T
    08 Desember 2018 Jam 21:31:00

    Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) pusat Jakarta menggelar pertunjukan wayang kulit dan...

    Masyarakat Diharapkan Berperan Aktif Membantu Polri
    08 Desember 2018 Jam 08:22:00

    Kepala Polisi Resor Blora AKBP Antonius Anang Kuswindarto, S.I.K, M.H mengatakan segera mambuat...