Seputar Blora

Uang Jimpitan Untuk Acara Tradisi Desa


Kesepakatan jimpitan warga dusun Bubak, Desa Purwosari, Kecamatan Blora makin menuai kesadaran.  Dari 210 KK yang terbagi empat poskamling wilayah dusun setempat terkumpul uang jimpitan Rp500 ribu setiap malam.

"Ada petugas ronda malam yang mengambil uang jimpitan tiap malam. Sesuai kesepakatan, tiap malam warga menyisihkan uang minimal Rp500 ditaruh pada kotak di depan rumah," kata Sulasim, salah seorang perangkat desa Purwosari, Sabtu (3/3/2018).

Uang yang terkumpul, setiap bulan dihitung bersama disaksikan petugas Bhabinkamtibmas Polsek Blora dan sejumlah warga.
"Ini hitungan ke tujuh sejak Agustus 2017. Dan terkumpul total Rp21.729.600. Semua uang pecahan logam, namun juga ada sejumlah uang kertas," ujarnya.

Uang hasil jimpitan, kata dia, akan digunakan untuk acara kegiatan dusun Bubak.

"Sesuai kesepakatan sebelumnya, uang jimpitan yang terkumpul akan digunakan untuk acara sedekah bumi. Warga menyadari kalau ditarik iuran langsung menjelang acara dirasa keberatan, namun melalui jimpitan Rp500 tiap malam akan merasa ringan," jelasnya.

Masih menurut Sulasim, melalui kegiatan jimpitan juga mendorong kesadaran warga untuk berperan aktif melaksanakan ronda malam.

"Bagi yang tidak ikut ronda malam, ada sangsi sesuai yang telah disepakati. Kecuali sedang sakit," imbuhnya.
Di tempat yang sama, Bripka Achmad Zainuri Bhabinkamtibmas Polsek Blora Kota mengapresiasi jimpitan yang dilakukan oleh warga di wilayah binaannya.

"Kami mengapreasi kesepakatan warga dusun Bubak untuk melakukan jimpitan. Ini sudah tahun ke dua, sejak acara sedekah bumi bulan Agustus 2017 lalu. Setiap penghitungan kami diminta hadir untuk menyaksikan perolehan uang jimpitan," ucapnya.
Hal senada disampaikan oleh Kanit Binmas Polsek Blora Kota Iptu Sih Marni.

Menurutnya, jimpitan menumbuhkan kesadaran warga untuk menjalin silaturami, gotong royong dan meningkatkan keamananan lingkungan melalui ronda malam.

"Kami berharap yang sudah berjalan terus ditingkatkan. Terlebih meningkatkan keamanan lingkungan melalui ronda malam," kata Iptu Sih Marni yang hadir menyaksikan penghitungan uang jimpitan dan menyampaikan sejumlah pesan kamtibmas di Balai Sarasehan dusun Bubak. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Dzikir dan Haul Akbar Berlangsung Khidmat
    09 Desember 2018 Jam 08:13:00

    Ribuan umat muslim berbagai daerah dari dalam dan luar Kabupaten Blora mengikuti Majlis Dzikir...

    Pertunjukan Wayang Kulit dan Pengajian digelar Pepadi Pusat di Blok T
    08 Desember 2018 Jam 21:31:00

    Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) pusat Jakarta menggelar pertunjukan wayang kulit dan...

    Masyarakat Diharapkan Berperan Aktif Membantu Polri
    08 Desember 2018 Jam 08:22:00

    Kepala Polisi Resor Blora AKBP Antonius Anang Kuswindarto, S.I.K, M.H mengatakan segera mambuat...