Seputar Blora

Jagongan Kamtibmas Program Inovatif Polres Blora


Sebagai wujud penciptaan dan pemeliharaan keamanan serta ketertiban masyarakat, Kapolres Blora AKPB Saptono S.I.K, M.H, bersama Pejabat Utama Polres Blora menggelar acara Jagongan Kamtibmas di Pos Kamling RT.03/RW.03, Kelurahan Kunden, Blora, Rabu (28/2/2018).

Pada kesempatan tersebut Kapolres Blora AKBP Saptono mengimbau kepada seluruh tokoh untuk ikut serta memelihara kamtibmas di lingkungannya masing-masing.

Disampaikannya, salah satu yang menjadi ancaman besar adalah berkembangnya paham radikalisme yang bertujuan untuk mengganti ideologi negara dari Pancasila menjadi berdasarkan agama tertentu.

“Saat ini beredarnya berita bohong atau hoax yang menyebarkan kebencian antar masyarakat yang gencar di dunia maya, sekarang sudah satu persatu ditangkap pelakunya oleh Cyber Crime Bareskrim Polri. Salah satunya tertangkapnya 4 pelaku sindikat Muslim Cyber Army (MCA).” ujarnya.

Kapolres menandaskan, akan ada konsekuensi hukum sesuai dengan aturan yang berlaku bagi orang melakukan penyebaran ujaran kebencian melalui media sosial.

“Sehingga siapapun yang melakukan ujaran kebencian, terlebih lagi melalui media sosial, dapat diproses hukum. Oleh karenanya, saya minta kepada seluruh warga masyarakat untuk mengantisipasi dan mencegah hal tersebut berkembang di lingkungannya masing-masing,” terangnya.

Didepan para warga setempat, Kapolres meminta, jelang Pilgub Jateng 2018 agar saling menghargai dan menghormati pilihan masing-masing. Jangan sampai beda pilihan pemimpin dapat merusak kerukunan antar warga bahkan sampai menimbulkan gangguan keamanan.

“Beda pilihan itu wajar. Gunakan hak pilih anda sesuai hati nurani untuk tanpa adanya paksaaan atau ancaman dari pihak mana pun. Mari kita Ciptakan Pilkada Damai tahun 2018 ini dengan suasana adem ayem,” terang AKBP Saptono.

Dalam acara itu Kapolres juga menjelaskan tentang narkoba dan upaya pecegahan sekaligus penindakannnya. Kapolres membeberkan bahwa di Kabupaten Blora ini peredaran narkoba sudah amat meresahkan.

“Wilayah Blora sangat sensitif peredaran narkoba, diharapkan masyarakat agar segera melapor Polisi jika menadapati adanya peredaran narkoba,” tandasnya.

Di tempat yang sama Lurah Kunden Jumadi, S.sos menyambut dengan suka cita sebagai apresiasi kebanggan warga Kunden dipercaya menjadi juara 2 tipe A dalam rangka lomba Pos Kamling tingkat Polres Blora.

“Terimakasih bapak Kapolres Blora bersama rombongan yang telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke Pos Kamling Kunden, terimaksih juga atas apresiasi Polres Blora yang telah memilih Pos Kamling kami, menjadi juara 2 tipe A tingkat Polres Blora, semoga menjadi amanah,” katanya.

Kelurahan Kunden, kata Jumadi, sebagai conotoh Kebhinekaan Tunggal Ika karena penduduknya heterogen dari berbagai Suku, Ras, dan Agama.

Pihaknya berharap, dengan kedatangan Kapolres Blora dapat lebih mempererat tali silaturahmi kedekatan antar warga dengan Kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas di lingkungan.

“Semoga dengan momentum acara Jagong Kamtibmas ini, antara Kepolisian bersama warga terjalin hubungan yang sinergis dan harmonis dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Serta semoga dari arahan Kapolres, diharapkan masyarakat paham dan mentaati peraturan perundang-undangan” harapnya.

Selain dari Kepolisian, acara tersebut juga dihadiri oleh jajaran Furkopimcam Blora, tokoh agama, masyarakat dan pemuda Kelurahan Kunden.

Jagongan Kamtibmas sendiri merupakan program inovasi terobosan kreatif Kapolres Blora yang bermakna menjalin kedekatan dengan warga Desa/Kelurahan dan sekaligus apresiasi kepada para awak Pos Kamling yang telah aktif membantu Kepolisian untuk memelihara situasi Kamtibmas. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Dzikir dan Haul Akbar Berlangsung Khidmat
    09 Desember 2018 Jam 08:13:00

    Ribuan umat muslim berbagai daerah dari dalam dan luar Kabupaten Blora mengikuti Majlis Dzikir...

    Pertunjukan Wayang Kulit dan Pengajian digelar Pepadi Pusat di Blok T
    08 Desember 2018 Jam 21:31:00

    Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) pusat Jakarta menggelar pertunjukan wayang kulit dan...

    Masyarakat Diharapkan Berperan Aktif Membantu Polri
    08 Desember 2018 Jam 08:22:00

    Kepala Polisi Resor Blora AKBP Antonius Anang Kuswindarto, S.I.K, M.H mengatakan segera mambuat...