Seputar Blora

Kapolres Blora Pimpin Apel Besar Kaposkamling


Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H Saat mengatakan, apel awak siskamling memiliki arti penting bagi masyarakat Blora. Demikian hal itu disampaikan saat menjadi pembina Apel Besar Kaposkamling di halaman Kantor Kecamatan Ngawen, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya, ada empat pilar penunjang pembangunan di daerah yakni Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan keempat peran serta masyarakat. Siskamling merupakan aktivitas kesadaran yang didasarkan atas kesamaan maksud dan tujuan yang berorientasi pada kerjasama pelayanan keamanan terbatas di lingkungan masyarakat sebagai upaya pencegahan dini gangguan kamtibmas.

Para awak siskamling, kata Kapolres Blora, hendaknya dapat menjadi agen perubahan di desa dan selain itu juga bermitra dengan pihak kepolisian dengan menyampaikan informasi terkait permasalahan, kejadian sekecil apapun sebagai langka deteksi dini sehingga permasalah tidak menimbulkan gejolak di masyarakat.

“Kegiatan siskamling ini merupakan wujud sinergitas Polri dan masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli meningkatkan kepekaan dan daya tangkal masyarakat terhadap masalah keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” kata Kapolres AKBP Saptono.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, secara garis besar siskamling mempunyai tujuan meningkatkan kewaspadaan terhadap prediksi munculnya potensi kejahatan yang dapat terjadi ditengah-tengah masyarakat. (Dinkominfo Kab. Blora|tim)

“Kami menilai, siskamling sangat efektif untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan, siskamling juga berfungsi sebagai sebagai forum silaturahmi antar anggota masyarakat satu dengan yang lain yang memberikan nilai kemanfaatan dan semangat kebersamaan.

“Untuk itu, kepolisian selalu berupaya mengajak masyarakat selalu sadar dan peduli terhadap kamtibmas di lingkungananya, dengan harapan masyarakat mampu menjadi polisi terhadap dirinya, keluarga dan lingkungannya sendiri,” tandasnya.

Kepada seluruh awak kamling yang hadir Kapolres Blora berpesan agar masyarakat selalu meningkatkan peranannya dalam pemeliharaan kamtibmas dan dalam pelaksanaannya untuk selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

Selain itu agar dilakukan deteksi dini terhadap segala potensi gangguan kamtibmas guna antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Melalui kegiatan ini, kita tunjukan kekompakan Kepolisian, TNI, Pemerintah Daerah serta masyarakat ciptakan situasi lingkungan kondusif. Kita berharap masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu yang tidak jelas terkait paham radikalisme yang mengancam persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.

Apel diikuti seluruh perwakilan awak kamling se-Kawedanan Ngawen, yakni Kecamatan Ngawen, Japah, Kunduran dan Todanan, Blora. Dihadiri para pejabat utama Polres Blora, Kapolsek dan Bhabinkamtibmas Polsek Ngawen, Kunudran, Japah dan Todanan, serta segenap unsur Furkopimca dan Koramil Kecamatan Ngawen.

Peserta Apel awak Pos Kamling semua menggunakan pakaian serba hitam menggunakan ikat kepala. (Dinkominfo Kab. Blora | tim).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...