Stabilisasi Harga Sembako Digelar Operasi Pasar


Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) melaksanakan kegiatan operasi pasar dengan mengambil tempat di Pasar Rakyat Jepon. Operasi pasar diselenggarakan bekerja sama dengan Bulog Sub-divre II Pati, Kamis (21/12/2017)

Adapun jenis sembako yang dijual dalam operasi pasar tersebut adalah beras, minyak goreng dan gula. Sejak pagi masyarakat sudah mengantri untuk mendapatkan barang yang dijual lewat operasi pasar dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang sama.
Hadir dalam operasi pasar tersebut, Bupati Djoko Nugroho yang diwakili oleh Asisten 2 Sekda Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Slamet Pamudji SH. M.Hum, Kepala Dindagkop UKM, Ir. Maskur, MM, dan Kepala Perum Bulog sub-Divre II Pati Muhammad Taufiq.

Slamet Pamudji SH. M.Hum mengatakan bahwa operasi pasar ini dilaksanakan untuk stabilisasi harga sembako di pasaran yang mulai naik di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

“Seperti beras, di pasaran harganya sudah mencapai Rp 9200 per kg. Lewat operasi pasar, kita jual beras dari Bulog dengan harga Rp 8100 per kg dalam kemasan 5 kg. Sehingga harganya lebih murah dengan kualitas yang sama. Begitu juga dengan minyak dan gula,” ucapnya.

Ia berharap harga sembako tidak naik secara signifikan, sehingga tidak memberatkan masyarakat kecil yang kurang mampu. Secara tidak langsung, maka para pedagang yang menjual sembako di atas harga operasi pasar akan menurunkan harga jualnya.

Di tempat yang sama Kepala Dindagkop UKM, Maskur mengatakan bahwa operasi pasar di Pasar Rakyat Jepon ini kali pertama dilakukan di Kabupaten Blora menjelang Natal dan Tahun Baru 2018. Menurutnya operasi pasar juga akan dilaksanakan di beberapa pasar tradisional lainnya secara bertahap dengan menggandeng Bulog.

“Hari ini di Jepon, besok di Pasar Blora, dilanjutkan Pasar Ngawen, Pasar Kunduran, dan Pasar Cepu. Diupayakan juga ke Pasar Todanan. Selama harga di pasaran masih normal, kita tidak akan melaksanakan operasi pasar. Operasi pasar hanya akan dilaksanakan di pasar tradisional yang harganya mulai naik di atas HET,” jelas Maskur. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Media Center Blora Dapat Penghargaan Kemenkominfo RI
    23 Februari 2018 Jam 16:44:00

    Media Center Kabupaten Blora mendapat penghargaan pengelolaan media center terbaik 2017 dari...

    Siswa SMPN 1 Sambong Dibekali Pengetahuan Safety Riding Berkendara
    20 Februari 2018 Jam 09:14:00

    Satuan Lalu Lintas Polres Blora mengadakan kegiatan pengetahuan safety riding kepada siswa di...

    Jelang Pilkada Jateng Dibentuk Gakkumdu Blora
    20 Februari 2018 Jam 06:15:00

    Menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, jajaran Panwaskab dan penegak...