Seni dan Budaya

Blora Tuan Rumah Festival Dalang Remaja Se Jawa Tengah


Kabupaten Blora menjadi tuan rumah penyelenggaran Festival Dalang Remaja se Jawa Tengah. Acara dibuka Bupati Djoko Nugroho di pendopo rumah dinas Bupati Blora.

Festival dimulai pukul 11.00 WIB diikuti oleh 15 peserta/dalang dari berbagai wilayah. Diantaranya Kabupaten Blora, Kendal, Solo, Sragen, Ngawi dan Karanganyar.

Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Festival Dalang Remaja se Jawa. Pada kesempatan itu, Bupati sempat memanggil tiga peserta yang akan tampil untuk maju dan diberikan semangat.

“Ini acara yang bagus untuk mengasah kemampuan anak-anak kita dalam melestarikan budaya yang adiluhung ini. Semoga nanti semuanya bisa menampilkan pentas yang terbaik,” ujarnya, di Blora, Rabu (22/11) .

Bupati menyampaikan, jika diberi pilihan Blora maju dengan Budaya atau Industri, maka ia lebih memilih maju dengan Budaya. Karena menurutnya budaya adalah jatidiri yang harus terus dilestarikan demi kemajuan bersama.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora yang didaulat sebagai Bapak Pedalangan se Kabupaten menyerahkan gunungan kepada peserta festival yang tampil pertama yakni Dimas dari Ngawi.

Ia lantas mengajak seluruh pelajar duduk lesehan menyaksikan wayang. Sedangkan juri didatangkan dari ISI Surakarta, Unnes Semarang dan Pepadi Blora.

Ketua Panitia, H. Sukarno mengatakan tujuan diselenggarakannya Festival Dalang Remaja se Jawa di Kabupaten Blora kali ini adalah untuk memberikan wadah kepada generasi muda dalam melestarikan budaya tradisional, khususnya wayang kulit. Sekaligus sebagai salah satu kegiatan rangkaian Hari Jadi ke 268 Kabupaten Blora.

“Potensi dalang cilik dan remaja di Kabupaten Blora jumlahnya banyak. Melalui event ini kami berharap mereka dapat bersaing dengan sehat dalam pelestarian seni pedalangan,” ucap Sukarno yang juga Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Blora.

Dari 15 peserta, menurutnya di hari pertama Rabu (22/11/2017) akan menampilkan 8 dalang remaja. Sedangkan sisanya 7 dalang akan tampil di hari kedua, Kamis (23/11/2017).

“Masing-masing peserta diberikan waktu tampil selama 45 menit. Ini baru pertama kali diselenggarakan di Kabupaten Blora,” jelasnya. (Dinkominfo Kab. Blora)



    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...