Seni dan Budaya

GEBYAR BUDAYA KOMUNITAS ADAT SAMIN 2017


Bupati Djoko Nugroho meresmikan sekaligus melaunching Model Literasi Budaya dan Teknologi Komunitas Adat yang ada di Kampung Samin Dukuh Blimbing, Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong pada acara Gebyar Budaya Komunitas Adat Samin 2017 di kampung setempat, Selasa (21/11/2017)

Pada kesempatan itu, Bupati Djoko Nugroho didampingi tokoh samin Pramugi Prawiro Wijoyo, Kepala Pusat Pengembangan Paud dan Dikmas Jawa Tengah Ir. Djayeng Baskoro M.Pd, dan Ketua SKB Blora Nuril Huda SP, MM.

Bupati sangat bangga dan mengapresiasi kemajuan literasi budaya dan teknologi yang ada di Kampung Samin Blimbing.

Menurutnya, sedulur sikep (Samin) di Desa Sambogrejo saat ini sudah banyak mengalami kemajuan namun tetap menjaga budaya lokal.

“Disini kebudayaan bisa bersinergi dengan kemajuan teknologi. Masyarakat Samin sudah bisa membatik, membuat sablon, dan mempunyai perpustakaan digital yang terkoneksi dengan internet. Namun nilai kearifan lokalnya tetap terjaga dengan baik. Ini harus terus dipertahankan,” ucap Bupati.

Selama acara berlangsung, dimeriahkan dengan lomba kotekan lesung, membatik massal yang diikuti oleh 100 anak-anak, lomba parikan jawa, sarasehan budaya dan lainnya.

Kepala Pusat Pengembangan Paud dan Dikmas Jawa Tengah Bpk. Ir. Djayeng Baskoro M.Pd menyatakan bahwa pihaknya sebagai perwakilan Pemerintah Jawa Tengah sangat mendukung pengembangan literasi budaya dan teknologi di komunitas adat Samin Dukuh Blimbing, Sambongrejo.

“Komunitas adat Sedulur Sikep (Samin) disini merupakan aset pelestarian budaya lokal, sehingga perlu dikembangkan sesuai dengan kemajuan teknologi dengan tanpa meninggalkan budaya aslinya. Komunitas Samin ini mungkin satu satunya komunitas adat yang sudah mengenal jaringan internet di Indonesia. Harapannya fasilitas ini bisa menunjang kemajuan pendidikan dan iptek bagi kalangan adat Samin,” terangnya.

Pihaknya juga berharap kedepan Kampung Samin di Blora ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata budaya yang diandalkan di Jawa Tengah. (Dinkominfo Kab. Blora)


    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...