Seputar Blora

DPK Blora Perlu Mobil Besar Untuk Optimalkan Pembinaan Literasi di Sekolah Pinggiran


Sejalan dengan program GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dalam amanah Perpres No 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter dan momentum Hari Kunjungan Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang diperingati pada tanggal 14 September 2017, DPK (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) Pemkab Blora melaksanakan optimalisasi pembinaan literasi di Sekolah Dasar.

Kegiatan dilaksanakan dengan jumlah sasaran 32 lokasi ini tersebar merata di seluruh wilayah kecamatan se Kabupaten Blora.

Kepala DPK Blora Drh. R. Gundala Wejasena, MP mengemukakan kehatan itu bertujuan ntuk meningkatkan potensi literasi pelajar sekolah dasar, khusunya bagi sekolah yang memiliki lokasi jauh dari layanan menetap perpustakaan umum kabupaten.

Kepala Bidang Perpustakaan Slamet Widodo, menyampaikan, pihaknya memprioritaskan untuk sekolah pinggiran.

“Kami ingin membina animo baca sebagaimana potensi literasi mereka, sekaligus mensosialisasikan akan urgensitas perpustakaan sebagai sarana belajar sepanjang hayat. Setiap hari dijalankan semua armada pusling, terhitung sejak awal September hingga akhir November 2017 nanti. Semua sekolah yang dikunjungi antusias dengan kegiatan ini dan mengesankan,” jelas Widodo, di Blora, Sabtu (17/9).

Kegiatan diawali tanggal 4 September 2017 di dua lokasi berbeda secara bersamaan, yakni SDN 2 Ngliron dan SDN 1 Kalisari dilaksanakan sejak pukul 07.00 s/d selesai.

Sangat beragam tantangan yang dirasakan, terutama oleh pengemudi mobil Pusling DPK dalam mencapai target lokasi sekolahnya.

Seperti yang diungkapkan Erika dan Taufik yang terbiasa membawa mobil pusling dengan jenis MPV ukuran velg ring13 inch ketika melintasi medan jalan berlobang dan berbatu.

"Saat kemarau saja susah banget, apalagi nanti kalau musim penghujan, pasti tidak dapat dilalui karena ban selip." Ujarnya.

Tak ayal dengan kondisi medan dan kendaraan pusling yang tidak proporsional tersebut, perjalanan ke lokasi sering mengalami kesusahan serta mengakibatkan benturan khususnya diperangkat kolong kendaraan.

“Ini cocoknya mobilnya berpostur tinggi dan 4WD (4 wheels drive) yang menggunakan ke empat roda untuk bergerak. Semoga kelak perpusnas memberikan hibah kendaraan baru, sehingga saat di medan seperti ini dimungkinkan lancar, karena tenaga dan dorongan mesin yang powerful menjamin dimedan berat,” kata Pustakawan DPK Farid Rohmawantika ketika mengkoordinir kegiatan di SDN 2 Selogender, desa berbatasan dengan Kabupaten Ngawi, Jawa timur.

Mengingat kondisi medan jalan daerah pinggiran yang belum seluruhnya dapat ditempuh, maka saat di SDN 2 Buloh Kecamatan Kunduran tim pusling DPK Blora memanfaatkan Truck Multifungsi.

Sementara itu, Slamet, SPd kepala sekolah SD setempat mengatakan kegiatan pembinaan minat baca tersebut adalah pertama kali dilaksanakan di sekolahnya dan menyambut gembira.

Salah seorang siswa SD, Yanto, mengaku sangat berkesan dan beberapa kali engganti buku untuk di baca. Dia berharap kegiatan tersebut dapat sering dilaksanakan di sekolahnya. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...