Seputar Blora

Maba STTR Cepu Ikuti Penyuluhan Bela Negara


Koramil 05/Cepu Kodim 0721/Blora menyampaikan penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada mahasiswa baru (maba) Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu dengan nara sumber Danramil Cepu Kapten Inf Ribut Agiyoko, SH, Rabu (13/9).

Beberapa materi yang disampaikan meliputi, Tataran Dasar Bela negara, Peta wilayah NKRI, Empat Pilar kebangsaan, Total Defence (ancaman militer dan ancaman non militer), Komponen Haneg hadapi ancaman militer, Komponen Haneg hadapi ancaman non militer, Sishanrata, Landasan yuridis Hak dan kewajiban bela negara, Arti Bela negara, Nilai-nilai dasar dalam bela negara, Tiga pilar utama bina kesadaran bela negara, PKBN Landasan pembangunan Han Semesta, pelaksanaan pembinaan kesadaran bela negara di satu pendidikan dan Peta wilayah NKRI.

“Negara sudah menetapkan Undang-Undang yang jelas sebagai pedoman bersama. Teritorial adalah wujud sistem pertahanan semesta dengan dasar utama UUD 45 pasal 30, yaitu setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pembelaan negara,” tandasnya.

Sejumlah 110 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu dari tiga jurusan yaitu Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Sipil antusias mengikuti penyuluhan dalam rangka pengenalan Program Studi dan Kampus (Persik) Tahun Akademik 2017/2018 dalam pembelaan negara. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim)

    Berita Terbaru

    Media Center Blora Dapat Penghargaan Kemenkominfo RI
    23 Februari 2018 Jam 16:44:00

    Media Center Kabupaten Blora mendapat penghargaan pengelolaan media center terbaik 2017 dari...

    Siswa SMPN 1 Sambong Dibekali Pengetahuan Safety Riding Berkendara
    20 Februari 2018 Jam 09:14:00

    Satuan Lalu Lintas Polres Blora mengadakan kegiatan pengetahuan safety riding kepada siswa di...

    Jelang Pilkada Jateng Dibentuk Gakkumdu Blora
    20 Februari 2018 Jam 06:15:00

    Menjelang pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018, jajaran Panwaskab dan penegak...