Seputar Blora

Polres Blora Bantu Air Untuk Warga Desa Jepangrejo


Sepuluh armada truk tangki berkapasitas 7000 liter air menuju Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora kota. Air dibagikan kepada warga akibat dampak kekeringan yang terjadi di musim kemarau tahun ini. Polisi Wanita (Polwan) dari Satuan Lalu-Lintas (Satlantas) Polres Blora dalam agenda Bakti Sosial mengawal langsung droping air bersih di wilayah desa setempat.

Bakti sosial diawali dengan acara pelepasan kendaraan bantuan air bersih dari titik Start depan Mako Sat Lantas Polres Blora. Kemudian dilakukan upacara serah terima dari Kasat Lantas AKP Febriyani Aer, S.I.K kepada Kepala Desa Jepangrejo Suparlan di halaman Balai Desa Jepangrejo, Selasa (12/9).

Kegiatan ini merupakan bagian dari kepedulian Polri kepada masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan air bersih. Di beberapa wilayah Blora, pada musim kemarau banyak desa yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

“Setiap kesempatan apabila ada warga masyarakat yang membutuhkan air bersih sesuai targetnya akan secepatnya kami droping. Dan kegiatan droping air bersih ke kawasan Kecamatan Blora kota sengaja kami libatkan personel Polwan untuk bisa berbaur dengan warga,” ucap Kasatlantas Polres Blora AKP Frebriyani Aer SIK.

Pembagian air yang dipimpin langsung Kasatlantas AKP Febriyani Aer tersebut berjalan cepat. Distribusi yang dimulai pukul 08.00 WIB ini berakhir dua jam kemudian, yakni pukul 10.00 WIB. Penyaluran air bersih dilakukan sendiri oleh AKP Febriyani dibantu Kapolsek Blora Kota AKP Sudarno dan Danramil Kota Kapten Inf. Moh. Rifa’i serta para perangkat Desa Jepangrejo.

Kasat Lantas menuturkan sebelumnya untuk mendapatkan informasi kawasan yang sekiranya rawan kekurangan air pihaknya melakukan lintas koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dam PDAM Blora.

“Kordinasi perlu dilakukan agar bantuan penyaluran air bersih ini tepat sasaran,” ujarnya.

Sesuai rencana pihaknya akan mengerahkan 30 armada truk tangki air bersih dengan sasaran 5 kecamatan se-Kabupaten Blora yang sudah mulai krisis air bersih dimusim kemarau tahun ini.

Kegiatan sosial ini memang digagas Satlantas Polres Blora. Pembagian air bersih ini digelar dalam rangka menyambut HUT Polisi Lalu Lintas yang ke-62 pada 22 September 2017 mendatang. Kasatlantas berharap, kehadiran korpsnya lebih bisa diterima masyakarat terutama saat menjalankan tugas di jalan raya.

“Kita sadar polantas menjadi perhatian masyakarat terutama ketika menggelar razia kendaraan. Itu tugas wajib yang kadang bersinggungan dengan pelanggar. Operasi lalulintas semata-mata demi keamanan dan kenyamanan pengendara saat melaju di jalanan agar tidak terlibat kecelakaan,” jelasnya.

"Semoga bermanfaat bagi warga dan bukan hanya di Kampung ini saja, di daerah lain yang merasa kesulitan dengan air kita siap untuk membantu," tambah AKP Febriyani Aer.

Ditempat yang sama Kapolsek Blora kota AKP Sudarno mengatakan, wilayahnya merupakan satu kawasan dari 16 wilayah kecamatan di Blora yang terdampak kekeringan disetiap musim kemarau. Dengan demikian, pihaknya mengerahkan setiap personel Bhabinkamtibmas yang ada di desa untuk melakukan pendataan yang sekiranya rawan kekurangan air bersih untuk segera dilakukan tindakan.

“Sejak awal sudah kami himbau kepada mereka untuk peka terhadap keluhan warga masyarakat akan air bersih. Supaya ada tindakan secepatnya seperti droping air bersih ini dan diharapkan kepada warga masyarakat untuk lebih hemat menggunakan air bersih menyesuaikan kebutuhanya,” ujar AKP Sudarno.

Salah seorang warga Desa Jepangrejo bernama Jumadi, mengatakan kurang lebih dua bulan warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih.

"Sudah menjadi hal yang biasa, di Kampung ini memang seperti ini kesulitan air bersih saat musim kemarau tiba. Kami sulit sekali mencari air untuk kebutuhan sehari-hari, Saya ucapakan banyak terimakaih, untuk Satlantas Polres Blora," katanya.

Ratusan warga yang sudah mengantri langsung menyerbu truk tangki ketika datang. Satu persatu baik ember, dan jerigen serta tampungan air desa di penuhi Kasat Lantas dan diikuti barisan pengurus bhayangkari serta anggota Sat Lantas Polres Blora dipuncak pemberian bantuan bakti sosial.

Sementara itu Danramil 01/Kota Kapten Chb M. Rifai mengemukakan, selain peduli sesama, droping air bersih ini bertujuan untuk menciptakan sinergi antara Kodim 0721/Blora, Polres Blora serta warga masyarakat.

“Sehingga ada kedekatan dan terjalin hubungan yang baik,” kata Danramil 01/Kota Kapten Chb M. Rifai. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Penyampaian Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Blora Tahun 2017 disertai Nota Keuangannya
    22 September 2017 Jam 09:12:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menyelenggarakan rapat paripurna dalam...

    Sosialisasi LKM/KIM Kabupaten Blora
    20 September 2017 Jam 10:25:00

    Lembaga Komunikasi Masyarakat (LKM) dan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan ruang...

    Kapolres Blora Pimpin Langsung Penyaluran Bantuan Air Kepada Warga Desa Jepangrejo
    19 September 2017 Jam 10:57:00

    Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H memimpin langsung penyaluran bantuan air bersih di Desa...