Seni dan Budaya

Blora Raih Juara Dekranasda Carnival Jateng 2017


Kontingen Dekranasda Kabupaten Blora tahun ini kembali menjuarai event Dekranasda Carnival Jateng 2017 yang berlangsung di Jepara, Sabtu (26/8/2017). Dengan mengusung tema Cerita Rakyat Barongan Blora, 5 kostum yang dibuat sedemikian rupa mencerminkan beberapa tokoh barongan berhasil meraih juara kedua dalam event yang diikuti Kabupaten/Kota se Jateng ini.

Diantaranya adalah kostum Barongan Gembong Amijoyo, Pangeran Panji Asmoro Bangun, Raden Klana Sewandono, Dewi Sekartaji dan Joko Lodra, diiringi tokoh Untup, Nayantaka serta para penari jaranan. Kelima kostum tersebut berhasil ditampilkan sesuai karakter tokoh masing-masing di sepanjang rute dari depan Rumah Dinas Wakil Bupati Jepara menuju Alun-alun Jepara.

Tak henti-hentinya di sepanjang jalan banyak penonton yang mengajak wefi beramai-ramai guna mendokumentasikan jalannya carnival.

Setibanya di depan panggung kehormatan yang ada di Alun-alun Jepara, tim Dekranasda Kabupaten Blora langsung beraksi mempertunjukkan aksi teaterikal tentang cerita rakyat Barongan Blora. Gubernur Ganjar Pranowo dan Ibu Siti Atikoh selaku Ketua Dekranasda Jawa Tengah tampak senang dengan penampilan Blora.

“Selamat Blora atas kemenangannya, semoga semakin kreatif,” ucap Gubernur Ganjar Pranowo secara singkat sambil menyerahkan piala kepada Ketua Dekaranasda Kabupaten Blora didampingi istrinya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Blora Hj.Umi Kulsum Djoko Nugroho yang hadir ke Jepara bersama wakilnya Hj.Ainus Solichah Arief Rohman dan rombongan, menyatakan senang sekaligus bangga karena Blora dalam dua tahun berturut turut bisa meraih juara di event yang sama dalam rangkaian Hari Jadi Provinsi Jateng ke 67.

“Alhamdulillah ini kemenangan kita bersama. Terimakasih kepada seluruh supporter yang sudah jauh-jauh datang ke Jepara untuk memberikan dukungannya,” kata Hj. Umi Kulsum.

Usai penyerahan piala, seluruh tim tampak bahagia foto bersama di depan panggung kehormatan. Mereka melayani para penonton yang ingin foto bersama dengan para pemeran kostum Seni Barongan Blora.

Adapun hasil kejuaraan Dekranasda Carnival Jateng 2017 adalah sebagai berikut :
Juara 1 Kabupaten Wonosobo dengan nilai 1080
Juara 2 Kabupaten Blora dengan nilai 1050
Juara 3 Kabupaten Jepara dengan nilai 990
Juara Harapan 1 Kabupaten Rembang dengan nilai 975
Juara Harapan 2 Kabupaten Purbalingga dengan nilai 880
Juara Harapan 3 Kabupaten Klaten dengan nilai 870.

(Dinkominfo Kab. Blora) 



    Berita Terbaru

    BUPATI DJOKO NUGROHO MINTA KADES DAN CAMAT SUKSESKAN PROGRAM SERTIFIKASI TANAH MASSAL
    22 November 2017 Jam 10:32:00

    Bupati Djoko Nugroho meminta agar seluruh Kepala Desa dan Camat bisa membantu dan mengawal...

    GEBYAR BUDAYA KOMUNITAS ADAT SAMIN 2017
    22 November 2017 Jam 10:14:00

    Bupati Djoko Nugroho meresmikan sekaligus melaunching Model Literasi Budaya dan Teknologi...

    Bupati Djoko Nugroho Pimpin Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir 2017-2018
    22 November 2017 Jam 09:31:00

    Bupati Blora Djoko Nugroho memimpin  Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Banjir di...