Berita Terkini

Kirab Budaya Meriahkan Peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora Ke-270


Mengenakan busana adat kerajaan, Bupati Blora Djoko Nugroho dan istri H. Umi Kulsum Djoko Nugroho manyapa ribuan warga masyarakat pada event kirab budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-270.

Kirab budaya menggambarkan perjalanan pemerintahan Kabupaten Blora dari masa ke masa dengan menonjolkan budaya dan kearifan lokal setempat berlangsung sukses dan meriah.

“Kirab budaya ini merupakan peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-270 dan memberikan hiburan kepada warga masyarakat. Jadi tidak ada panggung kehormatan. Dirgahayu Kabupaten Blora ke-270” kata Bupati Blora Djoko Nugroho, Rabu (11/12/2019).

Start kirab dari pendopo rumah dinas Bupati Blora, kemudian finish di Jalan A. Yani (lebih kurang 1,5 kilometer). Acara dimulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai.

Tarian Kreasi Krido Bolo Mustika dari Dinas Pendidikan menjadi pemandu dan tontonan apik pada tata urutan paraga kirab dan menjadi penyemangat suasana Hari Jadi ke-270 yang bertema Blora The Sprit Of Indonesia.

Selain itu, ada dua gunungan yang dipikul petugas berisi jajanan dan hasil bumi (palawija) Blora.

Bupati Blora Djoko Nugroho bersama istri berada paling depan dengan mengenakan pakaian adat kerajaan dengan diapit ajudan/pembawa payung dan enam orang prajurit Bhayangkara.

Selama dalam perjalanan, warga masyarakat khususnya pelajar dan remaja, saling berebut jabat tangan dengan Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Dandim, Kapolres dan Sekda Blora.

Paraga kirab terdiri subo manggolo, tindih prajurit, pembawa bendera merah putih dan lambang daerah. Selain itu ada pramugari tayub.

Kemudian Forkopimda dengan urutan kirab Wakil Bupati, Ketua DPRD Blora, Dandim 0721 Blora, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Danyon 410, Dan Sub Denpom, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Rutan. Masing-masing didampingi istri dan ajudan.

Mengiringi langkah paraga budaya, yakni duta wisata Blora 2019, manggolo retno, domas, manggolo yudho, prajurit patangpuluhan, prajurit tetabuhan, prajurit semut ireng pembawa gunungan lanang dan wadon serta Pepadi Blora.

Berikutnya komunitas pemangku adat (Sedulur Sikep), Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK), Kelompok DPRD.

Selanjutnya kelompok pangombyong terdiri Kelompok Penegak Hukum (pejabat di jajaran Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Rutan Blora, Kodim 0721 dan Pengadilan Agama Blora).

Kelompok Setda, kelompok Setwan dan tim kesenian kabupaten Tuban. Disusul urutan berikutnya kelompok Badan, Dinas dan Tim Kesenian Kabupaten Jepara.

Setelah itu kelompok kantor, kelompok BUMN, BUMD dan lembaga keangan perbankan, kelompok kecamatan, Impara Blora dan Tim Kesenian Kabupaten Pati.

Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga Kebudayaan Pariwisata (Dinporabudpar) Slamet Pamuji mengemukakan kirab budaya yang berlangsung Rabu 11 Desember 2019 mendapat respon dari warga masyarakat. Hal itu membuktikan antusias warga menyaksikan dan mengabadikan event budaya.

“Kami mengapresiasi atas atusias warga menyaksikan dan ikut menyemarakkan kirab budaya. Dari pantauan kami, kirab berlangsung aman dan tertib,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan, selain malam resepsi hari jadi Kab Blora, masih ada rangkaian kegiatan lainya hingga menjelang pergantian tahun baru 2019 menuju 2020.

“Pada kirab budaya tahun ini juga diikuti tim kesenian dari kabupaten Pati, Tuban, Jepara dan Impara Blora,” jelasnya.

Menurutnya, momen budaya yang diselenggarakan oleh Pemkab Blora selain memberi edukasi humaniora kepada warga masyarakat, juga sebagai ajang silaturahmi berinformasi.

“Saya yakin, melalui sosial media sudah diinformasikan tentang agenda kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora ke-270,” katanya.

Sehingga masing-masing sudah mempunyai rencana untuk menyaksikan. Ketika bertemu menonton, menjadi agenda silaturahmi sesama keluarga, teman dan kerabat.

Seperti tahun sebelumnya, Dinporabudpar dipercaya sebagai panitia pelaksana kirab budaya peringatan Hari Jadi Blora.

"Untuk kirab budaya, kepanitaan diminta maksimal menjalankan tugas. Kirab budaya dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan maksimal pukul 14.00 WIB,” jelasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...