Berita Terkini

Hakordia 2019 Diperingati Pemkab Blora


Bupati Blora Djoko Nugroho memimpin upacara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2019 di halaman kantor Setda Blora, Senin (9/12/2019).

Pada kesempatan itu, bupati Blora Djoko Nugroho membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH, M.IP yang menyatakan bahwa di Jawa Tengah sejak 2013 telah mencanangkan gerakan Mboten Korupsi Mboten Ngapusi (tidak korupsi dan tidakl menipu). Bukan hanya di lingkungan Pemerintahan Provinsi, tapi juga seluruh pelosok Jawa Tengah.

“Di kalangan pemerintahan, mental pejabat lama kita dobrak, sistem jadul kita rombak. Pungli kita sikat dengan teknologi, setoran kepada atasan kita berantas dengan lelang jabatan, manipulasi anggaran kita semprot dengan digitalisasi, mafia-mafia proyek kita hantam dengan keterbukaan,” ucap Bupati Djoko Nugroho

Pertanyaannya, apakah gerakan itu sudah cukup efektif untuk menghilangkan laku koruptif? Ternyata menurutnya “masih jauh panggang dari api”. Masih jauh dari harapan. Tapi sesakit dan selelah apapun harus terus kita lakukan. Nasi belum jadi bubur, kayu belum jadi arang. Kita akan terus perkuat upaya pemberantasan korupsi. Tahun depan kita akan jor-joran untuk pembangunan sumber daya manusia, menata manusia-manusia Jawa Tengah yang semakin bermartabat.

Segala cara kita lakukan. Pemerintah Kabupaten/ Kota kita ajak, Bupati/ Walikota kita kirim ke KPK untuk membangun integritas. Digitalisasi sistem kita persilakan untuk ditiru.

“Kita juga akan perbesar peran mahasiswa dan pelajar dalam gerakan ini. Kita lahirkan agen-agen anti korupsi di kalangan mereka. Pendidikan anti korupsi kita terapkan di 634 SMA/SMK/SLB di Jawa Tengah. Ini adalah laku membangun ulang pondasi moral dan mental, maka keberanian harus kita pegang,” tegasnya.

Untuk itu, Gubernur mengajak seluruh masyarakat bersiap melompat lebih jauh. Tempa raga dan sukma, siapkan mental untuk turut andil menyempurnakan bangunan antikorupsi.

“Jika Indonesia saat ini berada di peringkat 89 indeks persepsi korupsi, di tangan kalian-kalian kelak peringkatnya harus melesat naik,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho mengajak seluruh elemen ASN di lingkungan Pemkab Blora untuk mendukung upaya Gubernur Jawa Tengah dalam memerangi korupsi. ASN diminta Bupati agar bisa menjadi agen perubahan, atau pelopor anti korupsi. Salah satu contoh kecilnya dengan menolak politik uang pada gelaran Pilkada 2020 yang akan datang.

Upacara diikuti oleh jajaran Forkopimda, Sekda, para Kepala OPD, Camat, kalangan ASN se Kabupaten Blora, serta unsur TNI-Polri. Sebagai inspektur upacara, Bupati Djoko Nugroho mengucapkan selamat Hakordia 2019 yang selalu diperingati pada tanggal 9 Desember di setiap tahunnya.

Usai upacara dilanjutkan dengan pemasangan pin gerakan anti korupsi oleh Bupati kepada perwakilan Kepala OPD yang diikuti seluruh tamu undangan. (Dinkominfo Kab Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...