Seputar Blora

Gaungkan Sosialisasi Sensus Penduduk Online Melalui Program BPS Goes To School


Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar program kegiatan BPS Goes To School ke berbagai sekolah dan perguruan tinggi dalam rangka persiapan Sensus Penduduk 2020.

Koordinator Tim Sosialisasi, Dewi Setyowati, MS mengatakan pada sensus 2020 mendatang, BPS akan menggunakan metode kombinasi, yakni online dan verifikasi lapangan/sensus door to door.

Sensus online bisa di akses secara mandiri di sensus.bps.go.id pada Februari sampai dengan Maret 2020.

“Apabila ada warga yang belum melakukan sensus dengan cara online, maka pada Juli 2020 akan ada petugas yang datang melakukan sensus,” katanya, di Blora, Senin (18/11/2019).

Meski mendatangai rumah warga, namun untuk input data tetap menggunakan smartphone dan tidaklagi menggunakan kertas.

"Kalau menggunakan metode lama biayanya mahal, sulit mendatangkan penduduk, karena mobilitas tinggi, ada penduduk yang sulit dijangkau," ujarnya.

Dijelaskannya sensus penduduk 2020 ini akan sangat strategis karena akan berupaya untuk menyatukan data kependudukan di Indonesia.

Dari sensus ini diharapkan ada satu data kependudukan yang bisa digunakan semua instansi sehingga tidak ada lagi perbedaan data terkait jumlah data penduduk.

Melalui sensus kali ini diharapkan tidak ada lagi data yang saling berbeda untuk kependudukan. Dikarenakan data kependudukan memiliki peran strategis dalam mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan pemerintah.

“Kenapa sasaran sosialisasi ke anak sekolah ? Hal ini dikarenakan siswa SMA sebagai generasi milenial tentunya sudah familiar dengan internet, sehingga sangat diharapkan untuk berperan serta dalam mengisi sensus online yang cukup diisikan oleh satu anggota keluarga untuk mengisi seluruh anggota keluarganya,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi dengank egiatan BPS Goes To School terus akan dilakukan ke sekolah lainya untuk tempat sosialisasi sehingga gaung Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Blora bisa tersampaikan keseluruh wilayah setempat.
?
Menurutnya, setelah roadshow di SMAN 1 Blora, SMAN 2 Blora, SMK NU Kunduran, SMA N 1 Ngawen dan STTR Cepu.
Program BPS Goes To School berkunjung ke SMA N 1 Tunjungan, Jumat (15/11/2019).

Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh siswa dari kelas X sampai kelas XII beserta guru dan karyawan SMAN 1 Tunjungan. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...