Seputar Blora

SSK Tumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Dinamika Kependudukan Bagi Siswa


Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kabupaten Blora, Jawa Tengah memberikan penyadaran kepada masyarakat pentingnya pengendalian jumlah penduduk melalui program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dalduk KB Blora, Achmad Nur Hidayat, melalui Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Penggerakan Dalduk KB Blora, Nunuk Nurul Hidayah, SE, M.Si.

“Sekolah Siaga Kependudukan sudah kami canangkan di SMAN 1 Ngawen beberapa waktu lalu. Ini sebagai permulaan di kabupaten Blora,” kata Nunuk Nurul Hidayah, di Blora, Selasa (15/10/2019).

Tujuannya, agar peserta didik memiliki sikap, pengetahuan dan keterampilan tentang peduli kependudukan.

Kemudian, berperilaku yang mencerminkan keluarga berkualitas, memiliki pengetahuan yang utuh tentang masalah dan manfaat kependudukan setempat.

Peserta didik mampu menyajikan data mikro kependudukan dalam bentuk petas, grafik atau digital untuk analisa sederhana. Mengurangi droup out (putus sekolah) dan kasus lainnya yang terjadi di sekolah.

Selanjutnya, meningkatkan pengetahuan tenaga pendidik dan peserta didik akan manfaat dan dampak dari kependudukan.

Konsepnya, menurut Nunuk, materi kependudukan diintegrasikan dengan mata pelajajan sesuai dengan pokok bahasan, sehingga bukan mata pelajaran baru, tidak menambah jam pelajaran, tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar, namun justru mempertajam materi yang dibahas.

“Program SSK menjadi wadah bagi program yang digulirkan BKKBN seperti PIK Remaja, Genre Goes To Schol sehingga dapat berjalan berdampingan dan simultan serta berbasis kurikulum nasional,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui SMAN 1 Ngawen ini diharapkan dapat memupuk kesadaran akan kondisi kependudukan serta menumbuhkan sikap tanggung jawab dan perilaku adaptif berkaitan dengan dinamika kependudukan melalui muatan pendidikan kependudukan dan program keluarga berencana dalam materi pelajaran dengan memanfaatkan di kegiatan belajar mengajar dan pojok kependudukan.

Unduk diketahui peluncuran SSK di SMAN 1 Ngawen dilaksanakan pada Rabu( 25/10/2019) dengan menghadirkan nara sumber Kepala Bidang Pengendalian Penduduk perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah dengan diikuti lebih kurang 175 peserta terdiri siswa, guru, kepala SMA/SMK, Kepala OPD Forkopimcam dan mitra kerja terkait. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...

    Halalbihalal, Membangun Semangat Silaturahmi dan Membumikan Kerukunan
    21 April 2024 Jam 22:21:00

    Camat Kunduran, Blora, Suharto berpesan supaya Ikatan Purnakaryawan Pendidikan dan Kebudayaan...