Seputar Blora

Periksa Kelaikan Bus Angkutan Jemaah Calon Haji


Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blora, bekerjasama dengan Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora, melakukan pemeriksaan kelaikan dan kesiapan angkutan jemaah haji di Garasi Bus Mekar Sari, Kelurahan Bangkle, Blora, Selasa (16/7/2019).

Armada bus tersebut untuk mengangkut calon jemaah haji dari Kabupaten Blora menuju embarkasi haji Surakarta, 22 Juli 2019.

Kasat Lantas Polres Blora, AKP Edi Sutrisno,SH,MH mengatakan, pemeriksaan kelaikan merupakan bagian dari kegiatan rutin setiap tahun yang dilakukan Sat Lantas Polres Blora bersama dengan Dinrumkimhub sebelum keberangkatan calon jemaah haji.

Pihaknya ingin memastikan semua bus aman dan nyaman untuk mengangkut penumpang calon haji supaya selamat sampai tujuan.

Pemeriksaan kendaraan ini, kata AKP Edi, untuk mengantisipasi angkutan yang dinilai kurang sehat. Bus yang digunakan memang bus baru keluaran tahun 2018-2019, tapi perlu di cek kelaikannya.

“Untuk memastikan baik pengemudi dan bus sama-sama siap dan sehat, kita ingin semuanya safety," katanya.

Ia menjelaskan, pemeriksaan ini juga untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan mencegah terjadinya kecelakaan yang diakibatkan human eror atau kesalahan teknis saat perjalanan jemaah haji nanti.

“Sudah semestinya tugas Polri utamanya Satuan Lalu Lintas untuk menjamin keamanan dan keselamatan dengan pengecekan kelaikan Bus ini,” ujarnya.

Ditambahkan Kasat Lantas, bahwa sebelum hari H keberangkatan calon jemaah haji, para pengemudi bus ini, akan dilakukan cek kesehatan dari Dinas Kesehatan dan Unit Dokes Polres Blora.

Pemeriksaan meliputi tensi darah dan pengecekan urine guna antisipasi pengemudi menggunakan obat doping atau dalam keadaan kurang sehat.

“Selanjutnya akan dilakukan tes kesehatan untuk para sopir Bus sebelum keberangkatan calon Jemaah haji,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, H. Santoso pemilik usaha bus Mekar Sari mendampingi langsung tim penguji kelaikan dengan menunjukan beberapa armada Bus yang telah dipersiapakn untuk mengantar calon jemaah haji Blora.

Para pengemudi diminta untuk menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan. Selain itu, petugas juga masuk bawah bus untuk melakukan pencocokan nomor sasis dengan surat kendaraan.

Seluruh sistem penunjang kendaraan bus, seperti mesin, pengereman, lampu, klakson, tidak luput dari pemeriksaan termasuk pemadam api ringan dan palu pemecah kaca. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...