Seputar Blora

Pemohon Kartu Pencari Kerja Capai Ratusan Setelah Libur Lebaran 2019


Blora - Jumlah pemohon yang mengajukan kartu pencari kerja (AK-1) di kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Blora, Jawa Tengah mencapai ratusan orang calon tenaga kerja (canaker).

Jumlah canaker yang mengajukan permohonan meningkat pada hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran 2019. Sebagian besar pemohon mengajukan untuk persyaratan mendaftar pekerjaan di luar Kabupaten Blora.

“Pemohon kartu kerja (AK-1) mengalami peningkatan dibandingkan hari biasanya. Hal itu tampak pada awal masuk kerja setelah cuti bersama Lebaran 2019,” kata Lilik Ali Mahmudi, SH, Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, di Blora, Senin (10/6/2019).

Jika pada hari biasa rata-rata sepuluh orang tiap hari, namun pada awal masuk setelah cuti bersama Lebaran 2019 mencapai 150 orang. Pencari kartu AK-1 tidak dipungut biaya.

Menurut dia, rata-rata pemohon kartu kerja yang mengajukan akan mencari pekerjaan di luar Kabupaten Blora baik di Provinsi Jawa Tengah atau ke luar daerah seperti di Jakarta, Bandung dan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Penta Dinperinaker Joko Setyo Untoro, S.Pt, MM mengemukakan, dengan meningkatnya jumlah pemohon kartu pencari kerja menunjukkan tingkat kesadaran akan keganaan kartu AK-1.

“Warga pencari kerja semakin sadar akan kegunaan kartu AK-1. Pemohon mengajukan AK-1 untuk keperluan mencari pekerjaan,” kata Joko Setyo Untoro, S.Pt, MM.

Dikatakannya, kepemilikan kartu AK-1, merupakan salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh setiap pencari kerja, sehingga tanpa memiliki kartu AK-1, maka pencari kerja akan mengalami kendala.

Setiap enam bulan, para pemilik kartu AK-1 wajib melaporkan ulang, atau memperbaruhi, sehingga bisa dipantau apakah pencari kerja sudah mendapat pekerjaan atau belum. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat mengurus AK-1, misalnya, foto copy identitas, ijazah dan foto diri.

Wati, salah seorang pemohon mengatakan baru pertama kali mengajukan dan haru antri dilayani secara administratif oleh petugas.

“Baru pertama kali mengajukan kartu kerja. Alhamdulillah mengurusnya cepat. Nanti digunakan untuk syarat melamar kerja di Semarang,” katanya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...