Berita Terkini

Bupati Blora Gelar Open House Setelah Sholat Idulfitri 1440 Hijriah


Blora - Bupati Blora, Jawa Tengah, Djoko Nugroho didampingi istri Ny. Hj.Umi Kulsum menggelar open house di rumah dinas bersama Wakil Bupati H. Arief Rohman, M.Si, Sekda Blora Komang Gede Irawadi,SE, M.Si dan unsur Forkopimda Blora, masing-masing didampingi istri, dalam rangka menjalin silaturahmi dan saling bermaafan di Lebaran 2019.

Bupati Blora menerima pimpinan OPD, BUMN/BUMD, Forkopimca,ASN, tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga sekitar. Open house Lebaran 2019 digelar mulai pukul 09.00 WIB.

“Di hari yang fitri ini kami buka pintu silaturahmi sebesar-besarnya. Saya berserta keluarga megucapkan selamat Idulfitri 1440 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita mendapat barokah dari Allah,” kata Bupati Djoko Nugroho, di Blora, Rabu (5/6/2019).

Silih berganti, ribuan tamu datang untuk berjabat tangan saling memaafkan dan dijamu sejumlah kuliner khas Blora.

Sejumlah pimpinan SKPD dan mantan pejabat Blora tampak hadir di antaranya Kepala Dindukcapil Blora Riyanto, mantan Sekda Blora Bondan Sukarno, Kepala Dinporabudpar Slamet Pamuji, mantan Kepala Bappeda Sutikno Slamet, Kepala Dinkominfo Sugiyono.

Serta, Kepala BPBD Blora Sunanto, Asisten Setda Blora Suryanto dan tokoh lintas agama serta masyarakat serta warga sekitar. Mereka datang didampingi istri dan sejumlah keluarganya.

Usai belangsung open house di rumah dinas, selanjutnya Bupati menggelar agenda yang sama di kediamannya di Kecamatan Cepu.
Sebelumnya, Bupati melaksanakan sholat Idufitri 1440 Hijriah bersama unsur Forkopimda dan umat muslim (warga Muhammadiyah) di GOR Mustika Blora, sedangkan Wakil Bupati Blora melaksanakan sholat Idulfitri di masjid agung Baitunnur Blora.

“Bupati Blora dan ibu mengikuti sholat Idul Fitri di halaman GOR Mustika Blora bersama Dandim, sedangkan Wakil Bupati dan istri di masjid agung Baitunnur Blora,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Blora, Dra. Mulyowati, MM.

Dalam sambutannya sebelum mengikuti sholat Ied di halaman GOR Mustika, Bupati Blora menyampaikan secara khusus selamat datang kepada saudara-saudara, bapak dan ibu, yang saat ini mudik di kampung halaman.

“Kehadiran saudara semua tidak hanya ditunggu keluarga handai taulan, tetapi sangat ditunggu pula oleh Pemerintah Kabupaten Blora. Saya berdoa semoga bapak dan ibu sukses di tanah rantau, amin,” katanya.

Pada bulan suci Ramadan, menurut Bupati Blora, ada beberapa peristiwa penting yang perlu disampaikan.

Yang utama, lanjutnya, adalah tanggal 1 Juni 2019 kita tetap melaksanakan upacara lahirnya Pancasila.

“Republik ini besar, teramat besar. Memiliki ribuan pulau yang dipisahkan laut berpuluh-puluh mil. Lebih dari seribu suku bangsa, tetapi alhamdulillah berkat Pancasila, persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dengan baik,” ujarnya.

Seperti kata Bung Karno, jika pancasila dan UUD 1945 digabung menjadi satu akan memunculkan makna gotong royong.

“Holopis kuntul baris untuk kepentingan bersama, itulah gotong royong. Holopis kuntul baris adalah yel-yel nenek moyang kita, digunakan untuk paduan suara untuk memberi semangat untuk menyelesaikan tugas berat yang diselesaikan secara gotong royong,” katanya.

Hari ini umat Islam yang melaksanakan sholat idulfitri, lanjut Bupati Blora, tetapi yang jadi panitia adalah teman nasrani, inilah yang namanya gotong royong.

“Ketika saya tarawih keliling, Sekda Blora yang beragama Hindu. Kemudian Kapolres, ketua pengadilan negeri, Danyon 410 Alugoro tetap ikut mendampingi saya. Hal ini dilakukan tidak ada pamrih apa apa namun inilah gotong royong,” jelasnya.

Masih menurut Bupati Blora, pada tanggal 4 Agustus 2019, pemerintah kabupaten Blora menyelenggarakan pilkades secara serentak yang diikuti 250 desa.

Selanjutnya, tahun depan bulan September 2020, bersama 16 kabupaten kota se Jawa Tengah akan melaksanakan pilkada.

“Oleh karena itu saya mohon supportnya, dukungan dan doanya semoga event ini bisa berjalan baik di Kabupaten Blora,” kata Bupati Blora Djoko Nugroho.

Bupati Blora juga mengajak warga melanjutkan ibadah di bulan fitri ini dengan sungkem orang tua, saling memaafkan dan membayar zakat, agar kemenangan yang sudah diperoleh membawa kemenangan kemenangan yang lain. 

Bertindak sebagai imam pada sholat Idulfitri di GOR Mustika Blora, adalah H. Sofyan S.HI. Adapun bertindak selaku khatib Sumarno S.Pd M.Pd, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Blora.

Sementara itu, pengurus masjid agung Baitunnur Blora Khoirurroziqin mengatakan, sholat Idulfitri dilaksanakan dengan imam H. Afiffudin dan khatib H. Abdul Ghani.

“Wakil Bupati Blora dan istri beserta beberapa pimpinan OPD Blora melaksanakan sholat Ied di masjid Baitunnur. Usai sholat Ied, saling berjabat tangan bersama umat muslim dan mengucapkan selamat Lebaran 2019,” katanya. 

Sekadar diketahui, open house diselenggarakan setiap tahun pada momen Lebaran. Tidak hanya Bupati Blora, namun Dandim 0721 Blora dan Kapolres Blora juga menggelar acara yang sama bersama jajarannya di kediaman. (Dinkominfo Kab. Blora). 

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...