Seni dan Budaya

Sarasehan Pengelolaan Desa Wisata Balong


Blora - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, H. Slamet Pamuji, SH,M.Hum menilai pekembangan pariwisata melalui kelompok sadar wisata (pokdarwis) di wilayah kabupaten setempat sudah menggeliat.

Demikian hal itu disampaikan Slamet Pamuji ketika memberi pembinaan kepada penggiat pariwisata Blora pada kegiatan sarasehan pengelolaan desa wisata di Griya Keramik Desa Balong, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jumat (24/5/2019). Sarasehan digelar dan difasilitasi Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL).

“Salah satu program kami adalah mendorong pokdarwis sehingga potensi pariwisata yang dikelola menarik untuk dikunjungi,” katanya.

Disadari, bahwa di Blora tidak punya laut, gunung dan pantai seperti wilayah lain. Namun karena peran pokdarwis dan media sosial, lebih kurang lima tahun ini masyarakat telah menjadikan wisata menjadi kebutuhan.

“Jadi tidak hanya yang punya uang banyak yang mampu wisata. Sebaliknya, yang kurang mampu pun juga butuh wisata, swa foto dan menikmati suasana pembeda,” ujarnya.

Sebagaimana arahan Bupati Blora Djoko Nugroho, menurut Slamet Pamuji, kita tidak usah muluk-muluk mendatangkan wisatawan asing atau luar daerah.

“Yang menjadi menarik untuk dijual di Blora, seperti di desa Balong, yaitu wisata edukasi. Kalau wisata bergerak, maka sektor ekonomi juga ikut bergerak,” jelasnya.

Menurutnya, Desa Balong memiliki potensi wisata yang besar khususnya dari produk kerajinan gerabah dan keramik yang telah menjadi ciri khas daerah ini. Hal ini patut dijadikan peluang salah satunya lewat pengembangan desa wisata.

“Produk gerabah dan keramik asli Blora dapat berpotensi besar untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan lewat desa wisata,” katanya .
Pihaknya turut berterima kasih kepada Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL), operator Lapangan Minyak Banyu Urip, yang turut mendukung terlaksananya acara ini.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 orang dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Blora, yang sebelumnya telah melaksanakan studi banding ke perajin gerabah di Kec. Malo, Kab. Bojonegoro, Jawa Timur.

Pada kesempatan yang sama, Camat Jepon Ani Wahyu Kumalasari, mengatakan salah satu indikasi sebuah desa menjadi desa wisata adalah tingginya jumlah pengunjung yang menjadikan desa sebagai lokasi wisata.

“Hal ini dapat tercapai karena Balong sudah memiliki produk yang siap dan juga para SDM yang memiliki semangat tinggi,” katanya.

Pihaknya meminta kepada Pemkab Blora melalui Dinporabudpar agar dibangunkan gapura yang menarik wisatwan berkunjung di desa Balong sebagai sentra perajin genteng, bata dan gerabah.

“Kami mohon, agar dibangunkan gapura yang menarik wisatwan berkunjung di desa Balong sebagai sentra perajin genteng, bata dan gerabah,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Nyomo, Kades Balong. Menurutnya potensi alam dan wisata di wilayahnya bisa terus didukung dan dilakukan pendampingan, khususnya dari Ademos dan Genpar Kabupaten Blora.

Sarasehan menghadirkan nara sumber Fransisca Callista, yang merupakan inisiator Pasar Papringan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Ia menyampaikan pengalamannya dalam memanfaatkan potensi alam sekitar untuk memajukan desa wisata.

“Konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan baik dari ekonomi, lingkungan dan sosial budaya,” ujarnya.

Peserta sarasehan antusias mengikuti dan mengapresiasi dengan mengajukan sejumlah pertanyaan dan dijawab memuaskan oleh Fransisca Callista.

Di tempat yang sama, Hasti Asih, Public & Government Affairs EMCL menyampaikan bahwa dukungan EMCL melalui program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan di Blora.

“Semoga kegiatan ini dapat semakin meningkatkan daya tarik Desa Balong sebagai destinasi wisata keramik di Jawa Tengah,” katanya.

Dikatakannya, pata tahun 2013 EMCL bersama pemerintah desa Balong telah melakukan kerja sama dan melakukan uji tanah liat di Institut Seni Indoensia (ISI) Yogyakarta.

“Ternyata struktur tanah di desa Balong bagus. Tinggal bagaimana semangat untuk mengembangkannya,” katanya.

Kemudian seiring berjalannya waktu, pada tahun 2018 Griya Keramik berdiri untuk memberikan dukungan atas dibentuknya sebagai wisata edukasi.

“Mudah-mudahan menjadi penyemangat mewujudkan wisata edukasi yang bernilai ekonomis. Akan disayangkan kalau tidak diteruskan,” katanya.

Pada akhir acara, perwakilan EMCL Beta Wicaksono menyampaikan refleksi singkat bagi para penggiat wisata di Blora. Kebersamaan makin menyemangati ketika dipungkasi dengan acara buka puasa bersama. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...