Melalui Gelar Seni Pakudjembara Diharapkan Bisa Menumbuhkan Industri Pariwisata 

Wakil Bupati Blora H . Arief Rohman mengemukakan event bersama Pakudjembara diharapkan bisa menumbuhkan industri pariwisata di kawasan setempat. Kerjasama antar wilayah sangat dibutuhkan untuk menghidupkan paket wisata kawasan. Demikian hal itu disampaikan saat membuka gelar seni budaya pada puncak acara event bersama Pakudjembara di panggung terbuka Alun-Alun Blora, Sabtu, (15/7) malam.  

“Semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan industri pariwisata di kawasan Pakudjembara. Kerjasama antar wilayah memang sangat dibutuhkan untuk menghidupkan paket wisata kawasan. Mulai dari Demak Kudus Jepara Pati Rembang hingga Blora semuanya punya keunikan dan keunggulan masing-masing. Semuanya diharapkan bisa dikemas menjadi paket wisata Pakudjembara sehingga wisatawan yang datang ke Semarang bisa ditarik ke timur,” ucap Arief Rohman mewakili Bupati Blora yang sedang berada di Lampung. 

Wabup mencontohkan mulai dari Demak dikenal wisata religinya dengan adanya Masjid Demak dan Makam Sunan Kalijaganya. Kabupaten Kudus dengan Sunan Kudus dan Gunung Murianya, Jepara dengan pesona pantai hingga Karimunjawa, Pati dengan kuliner Sego Gandulnya dan potensi Batik Bakaran, lanjut Rembang dengan batik Lasemnya, Pecinannya, dan Makam RA Kartini. 

“Begitu juga dengan Blora yang dikenal sebagai pusat kuliner enak Sate Ayam dan Lontong Tahu. Kampung Samin juga menjadi salah satu objek wisata yang dikenalkan, di samping Waduk Tempuran, Waduk Greneng, Bukit Pencu, Goa Terawang dan lainnya,” ujarnya. 

Sebagai bentuk pengenalan potensi seni budaya, 6 kabupaten Pakudjembara menampilkan masing-masing kesenian daerahnya. Pertama Kabupaten Pati menampilkan seni barong Singo Kurdo dengan judul “Gendruwo Ngamuk ing Tlatah Pati”. 

Kedua dari Kabupaten Kudus menampilkan Tari Batik Kudus yang dimainkan oleh 16 penari perempuan. Ketiga Kabupaten Demak menampilkan tari kolosal Babad Glagah Wangi yang menceritakan cikal bakal berdirinya Kasultanan Demak. 

Adapun Kabupaten Jepara yang sarat dengan pesona lautnya menampilkan pertunjukan Tari Pesta Baratan. Tarian ini mengisahkan tentang ungkapan rasa syukur oleh para nelayan dengan datangnya musim baratan, dimainkan oleh 50 orang. 

Disusul Kabupaten Rembang dengan menampilkan Tari Gagrak Laseman yang menggambarkan semangat nelayan pesisir lasem dalam kegiatan sehari-hari mencari ikan dan memproduksi batik. Dimainkan oleh 10 penari dengan gerakan energik mencerminkan kekompakan dan semangat pesisiran. 

Terakhir mendekati tengah malam tuan rumah Kabupaten Blora menampilkan kesenian khas daerah andalan yakni Seni Barongan dari Paguyuban Seni Barongan Singo Lodro Kecamatan Todanan. Mereka tampil dengan membawakan cerita Jaka Lodra Duta Sraya. Empat puluh penari ikut ambil bagian dalam pertunjukan ini. Meskipun tampil terakhir, antusias penonton tetap luar biasa hingga pertunjukan selesai. 

Diketahui, dalam rangka mempromosikan potensi wisata masing-masing daerah, enam kabupaten di pantura timur Jawa Tengah yang tergabung dalam forum Pakudjembara (Pati Kudus Demak Jepara Rembang Blora) menggelar event bersama di Kabupaten Blora. (Dinkominfo Kab. Blora | Tim).  

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Dinkominfo Sosialisasi Ketentuan Bidang Cukai Tembakau Melalui Media Wayang Kulit

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi ketentuan bidang cukai tembakau (DBHCT) melalui pagelaran wayang kulit di desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan, Jumat (14/7). Dalam sosialisasi tersebut menampilkan dua orang dalang dari wilayah setempat, yakni Ki Sutarno,S.Pd dan Ki Sukandar (Kades Mendenrejo). Lakon yang ditampilkan Kresno Gugah.

Selengkapnya...

Kapolres dan Dandim Blora Jalin Silaturahmi Untuk Sinergitas

Setelah dilantik secara resmi menjadi Kapolres Blora menggantikan pejabat lama AKBP Surisman, S.I.K, M.H. Kapolres AKBP Saptono, S.I.K, M.H mengagendakan sejumlah kunjungan, baik di internal Polres maupun dengan instansi lain di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan