PETANI DESA KENTONG DILATIH ALAT TANAM PADI MODEREN

Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah melalui Balai Alat Mesin Pertanian dan Perkebunan Jateng bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab.Blora menggelar pelatihan operator alsintan (rice transplanter/ alat tanam padi ) kepada para petani di Desa Kentong Kecamatan Cepu, Selasa (11/7).

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya percepatan tanam guna mendukung peningkatan komoditas hasil pertanian menuju swasembada pangan nasional.

Bertempat di aula Balaidesa Kentong, Kepala Balai Alat Mesin dan Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Ir Bimo Santoso MP, didampingi Kasi Pra Panen Ir Farid Mufti, Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora Hadirohmiyati SP dan Kasi Produksi Bidang Tanaman Tangan Suparman Sp hadir untuk membuka pelatihan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ir Bimo Santoso MP mengatakan bahwa pelatihan ini sebenarnya untuk memberikan solusi bagi para petani yang mana saat ini sudah semakin jarang ada tenaga manusia untuk melakukan tanam padi.

“Pelatihan ini juga untuk mensosialiasikan alat tanam padi yang lebih efektif bagi para petani untuk melakukan percepatan tanam padi,” kata Ir Bimo Santoso MP .

Menurutnya selain efesien dan efektif, alat ini juga mampu menekan biaya produksi petani dalam melakukan tanam padi. Sehingga tentu saja alat rice transplanter/ alat tanam padi ini bisa menjadi pilihan para petani.

“Kalau menggunakan alat ini tanam dengan luasan lahan satu hektare mampu diselesaikan dengan satu hari. Namun, jika menggunakan tenaga manusia tentu harus membutuhkan tenaga banyak untuk bisa selesai dalam waktu yang sama,” bebernya.

Selain menghemat biaya produksi, lanjut Bimo alat rice transplanter/ alat tanam padi juga mampu manambah hasil panen para petani yang mencapai 5-15 % jika di banding dengan menggunakan tenaga manusia.

“Biaya murah, hasil panen meningkat, tentu ini akan membantu para petani untuk bisa ikut mensukseskan percepatan tanam pemerintah,” tandasnya.

Bimo menambahkan untuk target luasan tanam Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2016 mencapai 1,8 juta Hektare. Sedangkan untuk tahun ini Pemerintah menarget luasan tanam untuk di tambah lagi.

“Ya kami tetap berusaha untuk perluasan tanam ada peningkatan agar hasil capaian tanam bisa ikut meningkat,” tambahnya.

Namun demikian untuk mencapai pada target tahun ini yaitu di atas capaian tahun lalu pihaknya berharap para petani Blora khususnya bisa ikut melakukan gerakan percepatan tanam sehingga luasan tanam tahun ini yang di tambah bisa terpenuhi.

“Kalau di Blora harapannya hanya di tiga Kecamatan yaitu Cepu, Kradenan, Kedungtuban. Hal ini karena di tiga kecamatan tersebut merupakan lumbung padi di Blora,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora Hadirohmiyati SP, mengatakan untuk wilayah Blora sendiri dalam satu tahun target luasan tanam mencapai 108.222 ribu hektare.

“Kami harap para petani bisa melakukan percepatan tanam, sehingga target tersebut bisa terpenuhi. Kita siap melakukan pendampingan,” kata Hadirohmiyati SP,

Selain teori yang dilaksanakan di Balaidesa, petani juga langsung diajari praktek ke lapangan untuk menanam padi dengan menggunakan rice transplanter.

Warlan salah satu petani mengaku dengan adanya alat rice transplanter/ alat tanam padi ini sangat membantu para petani terlebih saat ini tenaga manusia untuk tanam padi sangat sulit untuk di cari.

“Alat ini sangat terbantu, selain lebih murah biaya produksi, alat ini juga sangat efektif membantu percepatan tanam para petani. Apalagi ini sudah mendapatkan pelatihan secara gratis, pasti nanti akan langsung kami terapkan,” ungkapnya. (Dinkominfo Kab. Blora | tim)

Dinkes Blora Gelar Rakor Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan menggelar rapat koordinasi (rakor) pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Blora. Rakor dipimpin Sekretaris Dinkes Blora Slamet Sucahyo,SH mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dr. Henny Indriyanti M.Kes, di aula kantor setempat, Kamis (20/7).

Selengkapnya...

DATA CALON KEPALA DESA DALAM PILKADES SERENTAK DI KABUPATEN BLORA TAHUN 2017

1.  Desa Buluroto, Kecamatan Banjarejo :

      Jumlah Calon    :  2.

      Nomor Urut  1  :   SRI MULYANI HANDAYANI.                   (Tanda Gambar : Foto)

      Nomor Urut  2   :   MARGONO.                                       (Tanda Gambar : Foto).

Selengkapnya...

Dinkes dan Kodim Blora Selenggarakan Khitanan Massal Gratis

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora bekerjasama dengan KODIM Blora dan  Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora menyelenggarakan kegiatan khitanan massal gratis yang dilaksanakan di aula aula Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus IV Blora, Sabtu (15/7).

Selengkapnya...

Dinkominfo Sosialisasi Ketentuan Bidang Cukai Tembakau Melalui Media Wayang Kulit

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi ketentuan bidang cukai tembakau (DBHCT) melalui pagelaran wayang kulit di desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan, Jumat (14/7). Dalam sosialisasi tersebut menampilkan dua orang dalang dari wilayah setempat, yakni Ki Sutarno,S.Pd dan Ki Sukandar (Kades Mendenrejo). Lakon yang ditampilkan Kresno Gugah.

Selengkapnya...

Kapolres dan Dandim Blora Jalin Silaturahmi Untuk Sinergitas

Setelah dilantik secara resmi menjadi Kapolres Blora menggantikan pejabat lama AKBP Surisman, S.I.K, M.H. Kapolres AKBP Saptono, S.I.K, M.H mengagendakan sejumlah kunjungan, baik di internal Polres maupun dengan instansi lain di Kabupaten Blora.

Selengkapnya...

Peresmian Kantor Samsat Randublatung

Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H bersama Bupati Blora Djoko Nugroho yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Drs. Bondan Sukarno, MM meresmikan Kantor Pelayanan Samsat di Kantor Samsat baru Kecamatan Randublatung, Rabu (19/7). Peresmian dinilai sangat penting agar perpanjangan pajak kendaraan tidak harus ke Kabupaten Blora atau ke Kecamatan Cepu.

Selengkapnya...

Manfaatkan Limbah Kayu Jati Untuk Kerajinan

Limbah kayu jati dimanfaatkan membuat kerajinan miniatur kapal oleh Heri (41), salah seorang perajin asal Kelurahan Kauman RT 05 / RW 02 Kecamatan Blora. Dari usaha kerajinan yang digelutinya memunculkan produk miniatur kapal pinisi Heri Craft.

Selengkapnya...

Pameran Produk UMKM Ajang Promo Pariwisata Pakundjembara  

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Blora, Drs. Kunto Aji mengemukakan produk UMKM  yang dipamerkan dalam event bersama Kabupaten Blora, Kudus, Demak, Jepara, Pati dan rembang (Pakudjembara) diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan sektor pariwisata di wilayah setempat. Baik wisata alam, kuliner, oleh-oleh dan souvenirnya.

Selengkapnya...

LOMBA BARONGAN ANAK SEMARAKKAN EVENT PAKUDJEMBARA

Antusiasme warga tampak dalam pagelaran lomba Festival Barong Anak Kabupaten Blora 2017 di komplek Alun-Alun Blora yang dimulai pagi tadi, Sabtu (15/7). Sebanyak 10 peserta memeriahkan festival tersebut, yaitu SDN 2 Tamanrejo, SDN 4 Menden, SDN 2 Tempel, SDN 2 Jiken, SDN Kedung Jenar, SDN 2 Ngawen, SDN 1 Tutup, SDN 1 Banjarejo, SDN Tempelan dan SDN 1 Sambong.

Selengkapnya...

Kawasan Wisata Religi Makam Sunan Pojok Mulai Ditata 

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Blora Drs. Kunto Aji mengatakan penataan kawasan Makam Sunan Pojok Kota Blora mulai dilaksanakan sejak hari Selasa (30/5). Sejumlah pekerja melakukan pemasangan pagar dari seng sebagai batas pengerjaan proyek. Penataan itu dianggarkan melalui APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp833.000.000,00.

Selengkapnya...

LAYANAN INFORMASI PUBLIK

Gagak Rimang

Video Gallery


barong_p1.flv barong_p1.flv
Duration: 353
Date: October 18, 2014
Views: 0

barong_p2.flv barong_p2.flv
Duration: 266
Date: October 18, 2014
Views: 0

Link Daerah

   
 Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten BLora    
     
 

 

     
   
     

S I M


Link Kecamatan